Sabtu, 02 Juni 2012

Wisata Alam Taman Kyai Langgeng - Magelang









Berlokasi sekitar 1 kilometer dari pusat kota Magelang, tepatnya ke arah selatan atau  sekitar 19 Kilometer dari Candi Borobudur. Taman Kyai Langgeng memiliki luas sekitar 28 hektar, Taman wisata ini memiliki ratusan koleksi tanaman langka yang bisa dimanfaatkan sebagai obyek penelitian. 
Kyai Langgeng adalah sebuah nama yang diambil dari nama salah seorang pejuang dibawah pimpinan Pangeran Diponegoro, Salah satu diantara Pahlawan Kemerdekaan Indonesia yang berjuang dengan gagah berani melawan penjajahan Belanda.
Dasar dijadikannya sebuah Taman dengan menggunakan nama Kyai Langgeng karena Beliau, dimakamkan di kawasan ini. Makam tersebut masih ada dan terawat hingga sekarang ini. Berkunjung ke Tempat Wisata lokal yang satu ini merupakan suatu keasyikan tersendiri. Selain taman yang ditata secara rapi, ternyata banyak sekali tawaran kenikmatan dengan keunikan-keunikan yang dimiliki dan fasilitas-fasilitas lain tersedia di dalamnya. Suatu pesona panorama alam yang sangat eksotis yang dapat mengisi "kekosongan jiwa" para penikmatnya.
Sebagai tempat wisata lokal andalan Kota Magelang, Selain memiliki koleksi hewan dan tanaman langka. Taman Kyai langgeng  juga merupakan perpaduan antara pariwisata dan pendidikan,terbukti dengan adanya perpustakaan yang bersih dan tertata rapi yang peresmiannya dibuka oleh menteri pendidikan bapak Prof. DR.Bambang Sudibyo. perpustakaan ini lebih akrab disebut “Desa Buku”.

Desa Buku memiliki koleksi buku buku yang dapat dinikmati para pengunjung. Kehadiran Desa Buku diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan wisatawan sembari menikmati keindahan alam Taman Kyai Langgeng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar